Just another WordPress.com weblog

Eksistensi Martabat Manusia

Kuis Agama Islam Pertemuan ke 5 (online) Bab 4 : Eksistensi Martabat Manusia

1. Sebutkan pengertian eksistensi martabat manusia !

2. Uraikan mengenai tujuan manusia diciptakan Tuhan di dunia ini !

3. Sebutkan tujuan manusia di dunia bagi diri sendiri, masyarakat dan negara !

4. Sebutkan apa fungsi dan peranan manusia di muka bumi ini !

 

Jawaban :

1. Pengertian Eksistensi martabat manusia adalah

Bahwasanya manusia diciptakan kedunia ini oleh Allah melaui berbagai rintangan  tentunya tiada lain untuk mengabdi kepadaNya, sehingga dengan segala kelebihan yang tidak dimiliki mahluk Allah lainya tentunya kita dapat memanfaatkan bumi dan isinya untuk satu tujuan yaitu mengharapkan ridho dari Allah SWT. Dan dengan segala potensi diri masing-masing kita berusaha untuk meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan kita sehingga dapat selamat Dunia dan Akhirat.

 

2. Tujuan manusia diciptakan Allah didunia ini tentunya kita lihat begitu kita lahir, biasanya diberikan adzan dan iqomah di telinga kanan dan kiri, maka kita diperdengarkan kebesaran Allah, mengakui Allah dan Rasulullah, mengerjakan shalat dan berbuat kebajikan. Manusia ada di dunia karena sebagai tanda kebesaran Allah dan wajib membentuk Keimanan kepada Allah ( hablum minnallah ) dan berbuat baik pada sesame manusia dan alam sebagai bentuk hubungan social kemasyarakatan ( hablum minannaas)

Firman Allah QS Adz-dzaariyaat : 56 “dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku “

Jadi jawaban Allah atas keberadaan manusia didunia adalah untuk mengabdi kepada Allah. Dengan melaksanakan perintahnya dan menjahui laranganNya.( Mengikuti Rukun Iman dan Islam ).

3. Tujuan manusia didunia

A. Bagi diri sendiri

Adalah adanya kehidupan yang baik didunia dan di akhirat, untuk mencapai itu maka setiap orang harus mengerjakan amal shaleh.

Firman Allah : ”Barang siapa mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanaya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” ( QS An Nahl : 97 ).

B. Bagi Masyarakat

Adalah keberkahan dalam hidup yang melimpah, Baik kebutuhan fisik ( perumahan , pakaian, makanan) juga kebutuhan sosial, kebutuhan rasa aman dan kebutuhan aktualisasi diri. Hal ini dapat diperoleh apabila masyarakat beriman dan bertakwa.

 

C. Bagi Negara

Adalah kita ingin negara kita menjadi negara yang baik, yaitu negari yang makmur atau setiap saat mendapatkan rejeki yang cukup dan aman. Dengan cara semua anak bangsa harus rajin bersyukur atas semua nikmat yang diberikan Allah SWT dan tidak berpaling padaNya.

4. Fungsi dan Peranan Manusia di Bumi

”Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: ”Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang Khalifah dimuka bumi”. Mereka berkata : ” Mengapa Engkau hendak menjadikan (Khalifah) di bumi orang yang akan mebuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?’ Tuhan berfirman : ’Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (QS. Al Baqarah : 30 ).

 

Dari firman Allah diatas jelas bahwa fungsi dan peran manusia di bumi adalah sebagai khalifah atau pemimpin, dalam hal ini adalah pemimpin bagi dirinya sendiri, keluarga, bangsa dan negara, memimpin mulai diri sendiri untuk menjalankan Al Quran dan Hadits sebaik baiknya, kemudian mengajak keluarga dan apabila kita di jadikan suri tauladan menjadi pemimpin pemimpin masyarakat tentunya pegangan Sumber Hukum kita adalah tetap al Quran dan Hadits sehingga kita membuat kebajikan di muka bumi ini dan menjaga bumi dari kehancuran.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: